Monday, April 16, 2007

Eazy Clutch

Pernah merasa kesal kalo terjebak kemacetan lalu-lintas?
Pernah merasa kaki kirinya pegal injak kopling terus?
Ingin kanvas kopling dan rem lebih awet?

Aku pernah mengalami semuanya itu.

Sejak menikah, kita tinggal di daerah Legenda Wisata Cibubur. Dulunya sih kalo pergi dan pulang kantor nggak ada masalah. Macet paling-paling 10-menitan, lalu lancarrrrr...

Tapi itu dulu..

Sekarang, jalur Transyogi Cibubur itu macet..cet..cet..!!! Nggak pagi, nggak siang, nggak sore, nggak malam... macet teruuusss... !!!

Efek sampingnya, lutut kiri mulai terasa nyeri kalo sering injak kopling. Jadi, kita pengen ganti mobil aja, sama mobil dengan transmisi otomatis. Misalnya Nissan Livina... Tapi, hitung-hitung, duitnya masih kurang. Jadi cari alternatif kedua deh.

Kebetulan, aku ingat kalo dulu ada teman yang pake Eazy Clutch di mobilnya. Dengan alat itu, transmisi manual di kendaraan kita dilengkapi dengan unit komputer dan diubah ke sistem triptronic.

Nah, langsung aja aku googling nomor telpon Eazy Clutch. Begitu ketemu, langsung kontak sama koh Daniel (yang punya), test drive, lalu hari Sabtu kemarin langsung dipasang di mobilku.

Ternyata enak banget pake Eazy Clutch. Kaki kiri jadi santai dan yang penting, gak stress lagi kalo macet di jalan saat pergi dan pulang kantor.


Trus, bagaimana sih cara kerja Eazy Clutch?
Gampang, pada dasarnya, transmisi manual mobil kita akan dipasangi peralatanEazy Clutch, termasuk perangkat komputer yang akan mengatur pelepasan kopling sesuai dengan persneling yang kita masukkan.

Nah, kepala persneling mobil kita akan diganti dengan knob dari eazyclutch, yang ada tombolnya. Kalo kita mau shift ke persneling satu, pencet tombol trus dorong persneling ke posisi 1 dan di gas. kalo mau pindah ke gigi dua, tinggal pencet tombol lagi dan shift ke gigi 2, dst.

Jadi, Eazy Clutch itu bukan seperti transmisi otomatis di mobil-mobil A/T, dimana persneling akan pindah sendiri sesuai dengan kecepatan mobil, tapi lebih seperti transmisi tiptronic, dimana kita masih harus memindahkan persneling secara manual.

Nah, mobilku sudah dipasang Eazy Clutch. Tapi untuk seminggu ini, setting Eazy Clutch-nya masih mode soft. Artinya, ada jeda antara saat gas diinjak dengan tarikan pada mobil. Hal ini karena kabel kopling Eazy Clutchnya masih akan memuai selama 1-2 minggu kedepan karena masih baru. Kalo sudah tidak memuai lagi, Eazy Clutchnya akan diset ke posisi normal, supaya tarikan mobil lebih responsif.

Stay tuned for update.
A+

1 comment:

Lisette Marsya Leepel said...

Nah gitu dong. Yang rajin update yah :)Terus jangan lupa photonya dong vin :P...