Sunday, November 02, 2008

September Roundup Part II

Hari raya Idul Fitri adalah hari penting bagi umat muslim sedunia. Bagi sebagian anggota rumah kami (suster Tari dan Tati), hari raya ini juga merupakan kesempatan bagi mereka untuk bersilahturahmi dengan keluarga mereka di kampung halaman masing-masing. Dan, sebagaimana halnya dengan ribuan keluarga muda lainnya di seluruh Indonesia, kami harus menyesuaikan kegiatan sehari-hari kami dengan ketiadaan dua orang tersebut.

Pada awalnya, semua berlangsung dengan normal, seperti biasa. Namun setelah satu minggu, mulailah masalah muncul. Mulai dari rumah yang semakin berantakan ;) sampai dengan cucian yang mulai menumpuk. Apalagi kedua anak kami masing-masing menuntut perhatian dari kedua orang tuanya. Akhirnya keputusan diambil: kita 'mengungsi' ke rumah oma-opa di Sunter Hijau. At least di sana ada banyak orang yang memperhatikan Jonathan dan Arthur.

Demikianlah, selama 10 hari kami tinggal di Sunter Hijau, sampai masa libur lebaran berakhir.


Impetigo Bulosa
Berakhirnya masa libur lebaran tidak berarti bahwa masalah selesai. Jonathan terkena penyakit impetigo bulosa a.k.a cacar madu. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, yang menyebabkan timbulnya luka seperti melepuh tersundut rokok pada muka dan perut Jonathan. Awalnya hanya di telinga, tapi kemudian luka tersebut pecah tergosok, maka kemudian menyebar ke seluruh telinga kiri dan kemudian ke pipi dan hidung Jonathan. Luka tersebut membentuk suatu lapisan 'koreng' berwarna kuning keemasan, maka disebut dengan cacar madu.

Khawatir dengan luka tersebut, kami membawa Jonathan ke Dokter di RS Hermina. Menurut dokter jaga (saat itu libur lebaran), itu hanya alergi biasa. Malah tindakan Lia yang memberikan salep antibiotik Garamicyn buat Jonathan dipandang enteng sama mereka. Menurut mereka itu tidak perlu. Tidak ada yang harus ditakuti. Lalu diberi obat anti alergi. Tapi karena kami merasa tidak puas setelah 2 hari, kami bawa Jonathan ke spesialis kulit di RS Permata Cibubur. Hanya dengan mendiagnosa sebentar saja, Dr. Julia langsung berkata "Habis jalan-jalan ke luar kota ya?" "Nggak dok," jawab kami, "tapi selama libur lebaran Jonathan sering diajak jalan-jalan".

"Oh, begitu," kata Dr. Julia "Ini penyakit namanya impetigo bulosa, disebabkan oleh bakteri, sering menyerang anak kecil kalo daya tahan tubuh menurun. biasanya karena kecapean. ini saya kasih Antibiotik buat menyembuhkannya." (Tuh kan, antibiotik itu obat yang tepat!).

Ya sudah, setelah dua minggu dan dengan tambahan obat (buat yang anaknya terkena impetigo bulosa, coba anaknya dimandiin dengan Lactacyd for baby (cairan)), Jonathan kembali riang gembira dan lukanya mengering dan sembuh..

Whew...

A+

No comments: